Kamis, 18 November 2010

BAHAYA KLORIN BAGI KESEHATAN (Bagian 1)

Gaya hidup modern telah menyebabkan perubahan besar di alam dan lingkungan kita. Saat ini, polusi dan masalah lainnya dalam kehidupan sehari-hari memicu ketidakseimbangan sistem saraf otonom. Hal ini menimbulkan masalah-masalah seperti sakit kepala, migrain, insomnia, dan penyakit lainnya.

Ketidakseimbangan sistem saraf otonom yang parah juga akan mempengaruhi sistem sekresi dalam dan mengurangi kekebalan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, dll.

Salah satu polusi yang menimbulkan masalah bagi kesehatan manusia adalah senyawa klorin. Dalam artikel ini khususnya akan dibahas tentang bahaya senyawa klorin yang terlarut dalam air karena penulis menjumpai suatu kasus pembuangan limbah cair yang menurut sumber yang terpercaya mengandung senyawa klorin yang dibuang ke lingkungan di sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa studi keracunan senyawa Klorin yang bisa dijadikan referensi :

A. Hasil laporan Shin et al (1999) , THMs (trihalomethanes) DBP mempunyai andil 60% dalam pencemaran air yang paling serius,dan juga polutan yang paling umum terdapat dalam air keran

B. Landi et al (1997) menyatakan bahwa unsut THMs yang besar dapat mengakibatkan kanker kandung kemih dan kanker usus besar.

C. King et al (2000) menganalisa 50,000 kasus bayi yang meninggal saat dilahirkan. Menurut laporan, THMs berhubungan dengan keguguran pada ibu hamil dan dapat berakibat pada cacat abnormal bayi, berat badan bayi, dan sebagainya.wanita hamil aborsi; dan dapat berakibat pada abnormal bawaan bayi, berat badan bayi dan sebagainya.

D. Nieuwenhuijsen et al (2000) melaporkan bahwa, menggunakan air ledeng untuk minum, mandi, berenang, merebus air dan mencuci alat-alat, cenderung menimbulkan risiko yang diakibatkan oleh THMs.

E. Backer et al (2000) menyatakan, dari sampel darah yang mengandung konsentrasi THMs, disebabkan paling banyak oleh penyebaran THMs pada shower saat mandi.

Dwi A (08303244044)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar